Wisata Kota Singkawang

1.Pantai Pasir Panjang

Pantai yang menjadi ikon pariwisata Kota Singkawang dan salah satu objek wisata andalan Provinsi Kalimantan Barat ini telah dikembangkan menjadi sebuah paket wisata terpadu bernama Taman Pasir Panjang Indah (TPPI).
Pantai Pasir Panjang terletak di Kecamatan Tujuh Belas, Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia.
Di kawasan Pantai Pasir Panjang terdapat pusat informasi pariwisata, diskotik, persewaan speed boat, sepeda air, darmoling, gokart, shelter-shelter, pondok wisata, dan toko suvenir. Pengunjung yang tidak terbiasa berenang di pantai dapat berenang di kolam renang yang tersedia, sedangkan yang tidak suka berenang atau pun berjemur dapat mengelilingi pantai dengan naik banana boat. Pengunjung yang membawa anak-anaknya tetap bisa bersenang-senang karena di kawasan ini tersedia arena bermain anak-anak.
Pengunjung tidak bakalan kesulitan mencari makanan karena di kawasan ini terdapat restoran, kafe, warung makan, dan pedagang asongan. Begitu juga yang ingin menginap, tidak perlu repot membawa tenda atau sleeping bag karena di kawasan ini tersedia wisma dan hotel dengan berbagai tipe.

 

Spoiler for Rindu Alam:
2. Rindu Alam

Rindu Alam adalah tempat wisata yang dibuka untuk umum. Lokasinya terletak di antara Gunung Bajau, Gunung Kota dan Gunung Pelapis. Hanya berjarak 18 km dari wisata Pasir Panjang dan Palm Beach, objek wisata alam yang sudah sangat terkenal di Kalimantan Barat.
Rindu Alam berada pada ketinggian sekitar 400 m dari permukaan laut, sehingga jika kita berada di puncak akan terasa hawa dingin dengan pemandangan alam yang sangat memesona.
Di sini terdapat hewan-hewan langka yang dilindungi oleh negara, seperti harimau putih, gajah, singa, onta, kuda, orangutan, rusa, beruang, aneka burung dan jenis-jenis hewan langka lainnya yang belum pernah Anda saksikan. Lokasinya juga tidak jauh dari objek wisata Rindu Alam karena menyatu dengan Rindu Alam dan Sinka Island Park.

 

Spoiler for Pantai Batu Payung:
3. Pantai Batu Payung

Pantai Batu Payung terletak tidak jauh dari Pantai Pasir Panjang dan menawarkan sejumlah keindahan dan panorama dengan pulau-pulau kecil yang menghijau di kejauhan. Objek wisata ini adalah tempat yang cukup tenang untuk beristirahat. Pantai Batu Payung mempunyai pasir yang putih dan batu-batuan yang menjorok ke laut.
Dinamakan Pantai Batu Payung karena salah satu di antara hamparan bebatuan tersebut ada yang berbentuk seperti payung. Jaraknya kira-kira 20 km dari pusat kota Singkawang, termasuk ke dalam Kecamatan Sungai Raya.
Objek wisata ini dapat dicapai dalam waktu 45 menit dengan mengendarai bis umum atau kendaraan pribadi. Kondisi jalan masuk sudah beraspal sehingga dapat dilewati oleh kendaraan roda empat. Tempat penginapan dan restoran tersedia di sini.

 

Spoiler for Pulau Randayan:
4.Pulau Randayan

Pulau kecil ini dikenal akan keindahan panorama batu-batu karang, berbagai jenis ikan tropis serta kehidupan laut sekitarnya. Pulau Randayan mempunyai pantai dan warna air yang sangat indah, cocok untuk olahraga menyelam. Tersedia villa-villa kecil menghadap ke laut indah nan menghijau. Memakan waktu 2 jam dengan mengendarai perahu cepat dari Pantai Pasir Panjang.

 

Spoiler for Teluk Mak Jantu:
5.Teluk Mak Jantu

Bayangkan saja, puluhan kilometer yang terlihat hanya pasir putih dan bebatuan yang masih alami. Pantai Teluk Mak Jantu memang tak kalah pamornya dengan pantai-pantai daerah lain bilamana dikelola maksimal. Karena beragam pemandangan unik mulai dari sunset, pohon kelapa di tepi pantai, batu-batu besar termasuk keunikan penduduk setempat sudah layak sebagai prasyarat menjadi sebuah objek wisata.
Walaupun begitu, masih ada ada keunikan tersendiri yang bisa disaksikan dari Pantai Teluk Mak Jantu Singkawang ini selain anginnya yang sepai-sepoi buat dinikmati, ikan-ikan hasil tangkapan nelayan sekitar juga bisa menjadi santapan utama para wisatawan. Terlebih lagi keberadaan ombaknya yang cukup besar bisa dijadikan ajang wisata air. Baik selancar, perahu layar atau parasailing.

 

Spoiler for Air Terjun Sibohe:
6. Air Terjun Sibohe

Air terjun sibohe dan kolam renang bidadari berada di desa pejintan singkawang timur, kurang lebih 6 km dari kota singkawang. Keindahan air terjun pada jam 13.00 sinar matahari masuk ke kolam tersebut yang kiri kanannya ada batu dan akar pohon setinggi 9 m dengan lebar kolamnya seluas 18 M persegi, melahirkan warna merah yang indah..Datanglah ke Kota Singkawang…nikmati mandi di air terjun tropis Singkawang, Kalimantan Barat.

 

Spoiler for Vihara Tri Dharma Bumi Raya:
7.Vihara Tri Dharma Bumi Raya

Kota Singkawang juga dikenal dengan sebutan kota Seribu Kuil, karena di setiap sudut kota ini dapat ditemui banyak bangunan wihara, atau lebih dikenal sebagai kelenteng atau pekong. Bangunan ini memiliki arsitektur yang khas, didominasi warna merah dan hiasan naga.
Wihara Tri Dharma Bumi Raya (Jl. Sejahtera, Telp. 636232) adalah sebuah wihara yang terletak tepat di tengah-tengah kota Singkawang dan dipercaya sebagai tempat berdiam Dewa Bumi Raya yang menjaga kota Singkawang. Wihara ini telah didirikan sejak tahun 1933.

 

Spoiler for Pasar Hongkong:
8. Pasar Hongkong

Kelaparan di malam hari bukanlah persoalan, karena deretan gerobak yang menjual berbagai jenis makanan di pasar Hong Kong siap menuntaskannya .Pasar Hong Kong adalah sebutan orang-orang Singkawang untuk jalan Bawal dan sekitarnya di malam hari.Di pagi dan siang harinya, lokasi ini hanyalah jalan biasa tempat berlalu lalang berbagai kendaraan. Namun ketika malam tiba, akan dipadati gerobak-gerobak yang menjual berbagai jenis makanan.

 

Spoiler for Taman Bukit Bougenville:
9. Taman Bukit Bougenville

Merupakan taman bunga yang terletak disebelah selatan tepatnya di Desa Sijangkung dan berjarak ±6 km dari kota Singkawang, posisinya terletak di kaki bukit berlatar belakang Gunung Pasi dan dikelilingi area hutan dan perkebunan. Taman ini memiliki luas 1,5 Ha, walaupun bunga bougenville yang menjadi tampilan utama, namun terdapat pula beragam bunga-bunga lainnya dan penataan taman yang asri untuk dapat dinikmati keluarga dan muda-mudi.
Fasilitas yang disediakan untuk pengunjung relatif telah memberikan kesan ‘kenyamanan” untuk dinikmati, mulai dari sarana publik seperti tempat parkir, musholla, pondok-pondok tempat bersantai, rest room, cafetaria, kolam renang mini untuk anak-anak hingga hutan homogen yang dinamakan “Area Super Sejuk” dan dapat digunakan untuk area fotografi pengantin, alam dan sebagainya.
Dilengkapi keramahan yang menyapa Anda dari tiap ruang hingga sajian menu sesuai keinginan Anda. Datang dan biarkan mata serta jiwa Anda menikmati indahnya panorama alam di Taman Bukit Bougenville.

 

Spoiler for Taman Teratai Indah:
10. Taman Teratai Indah

Tidak sampai 10 menit dari kota, kita dapat mengajak keluarga untuk menikmati pemandangan gunung yang berjejer menghiasi kota Singkawang, dengan nuansa ‘Air’ kita dapat bersenda gurau di danau buatan sembari mengengkol ‘bebek air’, berenang bersama keluarga dikolam renang dan menikmati sajian makanan dan minuman di restoran atau danau.

 

Spoiler for Cagar Alam Raya Pasi:
11. Cagar Alam Raya Pasi

Cagar Alam Raya Pasi berada di sekitar Kota Singkawang. Secara geografis terletak pada 108o59′ – 109o07’40” BT dan 0o48’30” – 0o52’20” LU. Kawasan seluas 3742 hektar ini ditunjuk sebagai kawasan konservasi sejak tahun 1990. Fungsi penting keberadaan Cagar Alam Raya Pasi selain sebagai kawasan perlindungan, juga mempunyai fungsi hidrologis guna memenuhi kebutuhan air bagi penduduk kota Singkawang dan sekitarnya.
Terdapat beberapa jenis tumbuhan unik dan langka seperti Bunga Bangkai (Amorphopalus sp), Bunga Bintang (Rhizanthes zepelii) dan Bunga Rafflesia (Rafflesia tuanmudae) serta tipe ekosistem hutan hujan pegunungan yang memiliki keanekaragaman jenis flora dan fauna yang tinggi. Cagar Alam Raya Pasi tentunya memiliki fungsi perlindungan yang sangat penting bagi kelangsungan kehidupan flora dan fauna tersebut.
Sebagai kawasan yang terletak di sekitar kota yang relatif mudah untuk dikunjungi, serta memiliki potensi sumber daya alam yang sangat besar maka Cagar Alam Raya Pasi sangat berprospek apabila dikembangkan sebagai Hutan Wisata Alam.
Gunung Poteng, bagian dari Cagar Alam Raya Pasi, terlihat seperti jari jempol manusia yang menandakan suatu pengakuan. Jaraknya 4 km sebelah timur kota Singkawang dengan ketinggian 700 meter dari permukaan laut. Terdapat kolam renang peninggalan bersejarah Belanda dengan airnya yang jernih dan bersih. dapat dicapai dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum untuk sampai ke objek wisata ini.  Sumber: .kaskus.co.id

Tinggalkan komentar